• (021) 4892802
  • ppid@lapan.go.id
Views ( 187 ) Nov 30, 2020

Rayakan HUT LAPAN ke-57, PPID LAPAN Beri Penghargaan Kepada PPID Pelaksana, Unit Pelayanan Publik, dan Pelaksana Pelayanan Publik Terbaik.


Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) ke-57 dilaksanakan secara daring di tengah pandemi Covid-19 pada hari Senin (30/11). Perayaan ini dilaksanakan secara daring dan dimeriahkan dengan doorprize – doorprize yang menarik. Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) LAPAN baik Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN), hingga satuan pengamanan dan pramubhakti dapat mengikuti perayaan ini secara daring yaitu pada Zoom an kanal YouTube LAPAN RI. Sedangkan kegiatan perayaan HUT LAPAN luring dipusatkan di Balai Pertemuan Dirgantara, kantor LAPAN Pusat sesuai dengan protokol kesehatan. HUT LAPAN RI ke-57 yang mengambil tema “Transformasi Budaya Kerja Meningkatkan Kinerja” ini dibuka oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan diikuti oleh Pejabat Eselon 1 dan undangan internal LAPAN.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa tema “Transformasi Budaya Kerja Meningkatkan Kinerja”  diusung  karena kondisi keprihatinan masyarakat dunia saat ini, dimana pandemi telah memaksa kita semua untuk melakukan transformasi yang dipercepat dengan memanfaatkan revolusi industri 4.0 dan menuju budaya society 5.0. “Secara organisasi, LAPAN bertransformasi menjadi organisasi fungsional yang semakin kuat dengan menghapus Eselon 3 dan 4. Jadi secara administrasi, LAPAN siap bertransformasi dari 21 satuan kerja menjadi satuan kerja tunggal. LAPAN siap bertransformasi dari Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LPNK) menjadi Organisasi Pelaksana Litbangjirap (OPL)”, tambahnya.

Acara dilanjutkan dengan penayangan video dari capaian per-deputi dan diselingi dengan doorprize. Selain itu juga ada penyerahan berbagai penghargaan mulai dari bidang Kearsipan, Pelayanan Publik, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Pada penghargaan unit kerja inovasi pelayanan publik, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) masuk dalam TOP 99 kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik) 2020 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) serta mewakili Indonesia ikut dalam United Nations Public Service Award (UNPSA). Judul inovasinya adalah “Informasi Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI) untuk Peningkatan Perekonomian Nelayan Indonesia”. Selanjutnya penghargaan pelaksana pelayan publik terbaik diberikan kepada 12 orang, penghargaan untuk kategori Pegawai Berdedikasi Tinggi, Jabatan Fungsional Terbaik, dan Pegawai Berprestasi.

Penyerahan penghargaan yang terakhir yaitu tanda kehormatan satya lancana karya satya terbagi ke dalam tiga kategori, yakni 30 tahun, 20 tahun, dan 10 tahun. Selain itu, ada juga pemberian tanda kehormatan Satya Lancana Wira Karya dan Satya Lancana Pembangunan. Penganugerahan tanda kehormatan ini secara simbolik diserahkan oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Dirgahayu LAPAN!