• (021) 4892802
  • ppid@lapan.go.id
Views ( 42 ) Jun 8, 2021

PPID LAPAN Menerima Kunjungan PPID BIG


Pejabat Pengelola Informasi Dan Dokumentasi (PPID) LembagaPenerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menerima kunjungan dari BadanInformasi Geospasial (BIG) di Kantor Pusat LAPAN JL Pemuda Persil No.1 (06/08).Kunjungan ini diterima langsung oleh Koordinator Humas LAPAN, Ir. Jasyanto,MM., beserta tim Humas LAPAN.


Kegiatan ini diawali dengan pengenalan PPID LAPAN mulaidari profil PPID LAPAN, sejarah perjalanan PPID LAPAN, dan inovasi-inovasi yangtelah dilakukan oleh PPID LAPAN. Koordinator Bidang Hubungan Masyarakat, Jasyanto, MM. menyampaikan bagaimana implementasi dari ISO 9001:2015 pada PPIDLAPAN, mulai dari awal pembentukan PPID LAPAN, proses konsultasi dansertifikasi ISO 9001:2015 yang dimulai dari fase gap analisis hingga maintenance,siklus P-D-C-A, tahapan audit surveillance, hingga resertifikasi.Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana diskusi dan bertukar ilmu dalammeningkatkan pelayanan publik demi mewujudkan Good Governance.Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja dalam pemerataan danperluasan akses, peningkatan mutu serta penatakelolaan yang baik petugas PPIDdalam memberikan pelayanan informasi publik. PPID LAPAN yang telahtersertifikasi ISO 9001:2015 dari British Standards Institution selaluberkomitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal sesuaidengan standar teknis. Hal ini terbukti dengan perolehan LAPAN sebagaiperingkat 1 Badan Publik “Informatif” pada Kategori Badan Publik Lembaga Negaradan Lembaga Pemerintah Non-Kementerian (LN/LPNK). Penghargaan tersebutdiberikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin padaacara Penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020.


Kegiatan dilanjutkan dengan sharing sessionpengelolaan kehumasan di LAPAN. Kedua lembaga saling berbagi mengenaipengelolaan PPID dan Humas dari masing-masing lembaga. Jasyanto berbagimengenai bagaimana proses pengelolaan Humas di LAPAN, di antaranya bagaimanapembuatan konten dari masing-masing Humas satker yang kemudian Humas Pusatmembantu mendiseminasikan ke masyarakat luas dan menangani pemberitaan negatif.Kegiatan diakhiri dengan mengunjungi ruangan PPID LAPAN dan area tunggu tamu dilobi gedung utama LAPAN.





(Humas AKB)