• (021) 4892802
  • ppid@lapan.go.id
Views ( 391 ) Superadmin Dec 21, 2017

LAPAN Raih Juara 2 Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik 2017


Kamis (21/12), Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin menyambut jabat tangan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla atas anugerah Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik 2017. LAPAN menyabet Juara 2 untuk kategori Lembaga Negara dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian. Trofi dan piagam penghargaan diberikan pada seremonial yang diselenggarakan di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta.

Pemeringkatan itu sendiri diselenggarakan Komisi Informasi Publik (KIP) secara rutin setiap tahun. Pemeringkatan sebagai hasil akhir dari monitoring dan evaluasi mengenai layanan informasi dan dokumentasi oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) setiap instansi di Indonesia. Manfaatnya guna mengetahui sampai sejauh mana instansi pemerintah memberikan pelayanan keterbukaan informasi kepada masyarakat.

KIP juga memberikan anugerah untuk kategori lainnya, yaitu Perguruan Tinggi (PT), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Publik Non Struktural, Pemerintahan Provinsi, Kementerian, dan Partai Politik.

Peraih juara 1, 2, dan 3 dalam setiap kategori, menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI. Sedangkan peraih peringkat 4 sampai dengan 10 menerima penghargaan yang diserahkan Ketua KIP, Tulus Subardjono.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla memberikan ucapan selamat dan penghargaan kepada seluruh instansi maupun institusi yang telah memperoleh penghargaan tersebut. “Di era sekarang ini, semua orang dapat menyampaikan berita, baik berita yang sudah terjadi, sedang terjadi, atau bahkan yang belum terjadi. Beda dengan zaman dahulu, di mana berita hanya disajikan melalui televisi atau radio saja, dan itupun datang secara topdown,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap, agar instansi pemerintah harus dapat memberi informasi yang benar, cepat, dan tepat kepada masyarakat. Jika tidak, maka informasi yang diterima masyarakat dapat datang dari mana saja dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.