• (021) 4892802
  • ppid@lapan.go.id
Views ( 173 ) May 14, 2020

Bimbingan Teknis Budaya Pelayanan Prima Dalam Peningkatan Pelaksana Pelayanan Publik


Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) terus berupaya berbenah untuk meningkatkan kompetensi para pelaksananya dalam rangka penguatan PPID Utama LAPAN. Salah satu upaya yang dilakukan adalah penyelenggaraan Bimbingan Teknis Budaya Pelayanan Prima Dalam Peningkatan Pelaksana Pelayanan Publik. Kegiatan diselenggarakan pada hari Rabu, 13 Mei 2020, 09.00-15.00 melalui Zoom Cloud Meeting. Dihadiri 80 orang peserta yang terdiri dari para Koordinator Bidang Diseminasi, para Petugas Pelaksana Pelayanan Publik, dan para Petugas PPID Pelaksana LAPAN.

 

Dalam sambutan yang sekaligus membuka acara tersebut, Sekretaris Utama LAPAN, Prof. Dr. Erna Sri Adiningsih menyampaikan bahwa “pelayanan publik prima adalah untuk mewujudkan peran LAPAN dalam mendorong sektor-sektor pembangunan berbasis iptek penerbangan dan antariksa”.

 

Program kerja PPID Utama LAPAN adalah untuk mencerdaskan (menambah ilmu dan wawasan) dan mengingatkan (peringatan dini) melalui layanan tugas pokok fungsi LAPAN dan produk-produk LAPAN serta pemanfaatannya yang diberikan dengan layanan prima. Selanjutnya Sestama berpesan bahwa tujuan akhir dari layanan publik bukanlah prestasi atau penghargaan namun kepuasan masyarakat yang dilayani.

 

Kegiatan Bimtek dilaksanakan dalam dua sesi pemaparan teknis. Pada sesi pertama disampaikan materi Peningkatan Kompetensi Pelaksana Budaya Pelayanan Prima Unit Kerja oleh Narasumber Akhmad Nursalman, widyaiswara LAN RI.

 

Dalam paparannya disampaikan bahwa untuk menuju pelayanan prima diperoleh melalui revolusi mental dengan merubah cara pandang, cara pikir, cara kerja, dan merubah sikap dan perilaku menjadi lebih adaptif. Budaya pelayanan prima menjadi bagian terpenting dalam pelaksanaan tugas dan tanggungjawab PPID. Budaya pelayanan prima dilakukan melalui tindakan, kemudian menjadi kebiasaan, lalu berangsur menjadi kebudayaan. Visi, Misi dan Nilai-Nilai LAPAN merupakan dasar dari tujuan pembentukan ciri khas budaya pelayanan PPID LAPAN.

 

Pada sesi kedua disampaikan materi tentang Budaya Layanan Prima dalam Mendukung Pelayanan Publik oleh Yenny dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

 

Pada pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB), pelayanan publik menjadi pengungkit sekaligus menjadi sasaran RB yaitu birokrasi yang memiliki pelayanan publik yang berkualitas. Strateginya adalah pelaksanaan peraturan terkait pelayanan publik dan penerapannya sehingga tercapainya hasil yang diharapkan.

 

Selama ini LAPAN telah melaksanakan tahapan demi tahapan budaya pelayanan prima secara berkesinambungan untuk meningkatkan budaya pelayanan prima.

 

Pada sesi tanya jawab, peserta antusias memberikan pertanyaan kepada para narasumber untuk didiskusikan. Pada akhirnya dengan layanan publik prima, masyarakat puas mendapatkan informasi secara cepat, tepat, dan akurat demi terwujudnya LAPAN unggul Indonesia maju, LAPAN melayani Indonesia mandiri, berinovasi, berkolaborasi.