Views ( 390 ) Aulia Mar 2, 2017 0 comment(s)

Kamis (02/03), LAPAN menyelenggarakan sosialisasi program kerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan ISO 9001:2015 di Auditorium Kantor LAPAN Bandung, Jawa Barat. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri oleh para PPID Pelaksana LAPAN dari seluruh satker LAPAN. 

Kegiatan tersebut berangkat dari amanah Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Pasal 13. Dijelaskan bahwa untuk mewujudkan pelayanan yang cepat, tepat, dan sederhana, setiap badan publik menunjuk PPID. PPID itu sendiri mempunyai tugas menyediakan, menyimpan, mendokumentasikan, dan mengamankan informasi sesuai dengan aturan yang berlaku.


Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin. Dalam sambutannya, Kepala LAPAN menginformasikan, untuk mewujudkan visi dan misi, LAPAN memiliki slogan menjadi pusat unggulan teknologi penerbangan dan antariksa untuk Indonesia maju dan mandiri. Salah satu ciri pusat unggulan yaitu meningkatkan kompetensi layanan LAPAN baik hasil litbang maupun SDM. Layanan yang baik dan benar dilihat dari bagaimana memberikan layanan informasi sesuai dengan aturan dan standar. Sebab tujuan layanan itu sendiri untuk mencerdaskan, menjelaskan, dan mengingatkan.

Layanan informasi dapat diklasifikasikan berupa informasi publik secara berkala, informasi yang wajib tersedia setiap saat, informasi serta merta, informasi yang dikecualikan, dan informasi atas dasar permintaan.

Layanan informasi menuntut PPID secara profesional. Hal itu tidak bisa dibebankan sebagai tugas tambahan, sebagaimana dijelaskan dalam Undang-Undang tadi. 

Kepala LAPAN berharap, setiap satuan kerja ada corner untuk layanan informasi terhadap hasil penelitian dan pengembangan penerbangan dan antariksa, baik dalam bentuk miniatur, video hasil litbang, brosur, majalah, dan sebagainya.

Keterbukaan informasi ditempuh sebagai bentuk kontrol dalam reformasi birokrasi tentang apa yang disampaikan kepada publik. Hal tersebut menjadi suatu kebanggaan bagi institusi dan menunjukkan apa yang telah dihasilkan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

PPID memiliki peran yang sangat besar dalam menyampaikan informasi terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, capaian kinerja dalam melaksanakan penelitian baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan adanya sosialisasi kali ini , Kepala LAPAN mengajak untuk selalu tertib dalam melakukan dokumentasi sehingga dalam layanan informasi selalu siap melayani permintaan informasi.

Sosialisasi dipandu langsung narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yaitu Kepala Bagian Layanan Informasi, Soekartono. Dalam kesempatan ini, ia memaparkan terkait tata kelola informasi publik sekaligus simulasinya. Menurutnya, hadirnya seluruh perwakilan PPID Pelaksana LAPAN dari satker-satker yang ada di LAPAN, membawa angin segar bagi LAPAN untuk benar-benar mengimplementasikan pengelolaan informasi publik sesuai dengan peraturan dan mekanisme yang berlaku.


Sebelumnya, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Jasyanto memaparkan materi sosialisasi terkait pelaksanaan PPID LAPAN perbandingannya dengan standar aturan dan mekanisme yang mengikat pada pelaksanaan pengelolaannya. Ia mengupas bahwa kondisi praktik PPID Pelaksana LAPAN belum sepenuhnya mengimplrmentasikannya sesuai standar layanan publik. Keterbatasan SDM menjadi pemicu hambatan tersebut.

Sementara, paparan terkait materi ISO 9001: 2015 disampaikan oleh narasumber dari PT. Catur Daya Solusi pada hari berikutnya.

Articles In :

PPID LAPAN Back