Views ( 22503 ) Aulia Feb 10, 2017 105 comment(s)
“Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) LAPAN mendorong tata kelola informasi yang diterima masyarakat menjadi cepat dan akurat.” Demikian petikan sambutan Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, Jum’at (10/02), pada peresmian ruang PPID dan ruang display LAPAN. Kepala Biro Kerja sama, Hubungan Masyarakat dan Umum, Chris Dewanto, selaku PPID Utama, mengharapkan agar nilai dan peringkat PPID LAPAN naik seperti tahun kemarin. Dengan adanya ruang PPID dan ruang display baru ini, diharapkan pelayanan informasi publik semakin cepat dan akurat.

Sesuai Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, pemerintah wajib menyediakan informasi bagi publik, baik berkala, serta merta maupun yang selalu ada. Informasi bisa diperoleh secara offline dan online. PPID Utama di pusat, dirangkap oleh Kepala Biro Kerja sama, Hubungan Masyarakat, dan Umum, sedangkan PPID Pelaksana berada di setiap satuan kerja LAPAN. Dengan adanya PPID di setiap satuan kerja, diharapkan informasi publik dapat diperoleh oleh masyarakat secara cepat dan akurat. Setiap satuan kerja diupayakan ada ruang untuk memamerkan hasil litbang LAPAN baik itu melalui media elektronik maupun dalam bentuk fisik mock-up dan miniatur. Penataan ruang display dibuat menarik dan disediakan pula terbitan dari LAPAN. Penjelasan terkait aktivitas LAPAN, juga perlu diketahui oleh para pegawai LAPAN sehingga, konten informasi dalam ruang display harus diperbaharui secara berkala.

Quickwins LAPAN 2017 adalah paradigma satu LAPAN, pengintegrasian hasil-hasil penelitian dan pengembangan LAPAN yang telah ada sekarang lalu hasil tersebut ditingkatkan dan diintegrasikan. Poin quickwins LAPAN yang pertama adalah layanan yang cepat dan akurat, terkait dengan Sistem Pemantauan Maritim Berbasis Iptek Penerbangan dan Antariksa. Lalu, yang kedua adalah layanan cepat dan akurat untuk Sistem Pemantauan Bencana Berbasis Iptek Penerbangan dan Antariksa. Reformasi Birokrasi berujung pada layanan yang terbaik bagi masyarakat. Sebagai instansi pemerintah, LAPAN wajib memberikannya.

Articles In :

PPID LAPAN Back